Minggu, 05 April 2015

Service Engineer - Asphalt Mixing Plant di Kalimantan Tengah

Muara Teweh adalah salah satu kota yang berada dipedalaman Kalimantan Tengah, kenapa saya katakan "kota" karena lokasi ini sudah ramai dan padat penduduk. Saya awalnya tidak percaya kalo ada kota ditengah-tengah pedalaman kalimantan ini. Jalannya mulus, bahkan sudah memiliki sistem 2 jalur. Saya memilih tinggal dikota tersebut ( Hotel Wallet ) walaupun lokasi kerja 35km dari tempat saya menginap. Jadi sehari saya butuh 1 jam untuk perjalanan pulang pergi dari lokasi ke penginapan. Bisa dikatakan daerah ini masyarakat hidup dari bertani dan pelayar ( karena didaerah ini ada sungai untuk jalur transportasi ke daerah lain ( selain menggunakan moda transportasi darat ).

Kembali ke misi awal, disini saya melaksanakan tugas instalasi Asphalt Mixing Plant berikut ketel aspal. berangkat dibulan oktober dan kembali kejakarta di bulan desember pertengahan, 
   
Diawal pekerjaan, alat angkat yang tersedia hanya excavator Cobelco PC200. Dimana beberapa unit AMP memiliki beban diatas 10 ton,
sehingga harus diakali bagaimana caranya agar alat bisa terpasang sebelum Mobile Crane tiba dilokasi untuk memperlancar proses instalasi.
    
Dengan pola pikir modern, tim yang bekerja berpikir keras untuk menyelesaikan tugas tanpa mengabaikan target waktu pekerjaan.
Pekerjaan selanjutnya adalah fabrikasi ketel aspal yang dilaksanakan dilokasi, dengan berbekal tools yang ada, tim dapat menyelesaikan ketel aspal ini dengan baik ( ketel aspal dengan kapasitas 6 kubik ).
   

Setelah menyelesaikan fabrikasi ketel aspal ini, selanjutnya adalah test and trial hotmix untuk finishing dan setting beberapa komponen alat, termasuk setting automatisasi proses produksi dari control room.
 Dan setelah melakukan proses setting dan trial produksi, proses dan kerja keras yang dilakukan oleh tim selama ini menjadi tidak sia-sia, dan hasilnya pun SEMPURNA!!!







1 komentar: