Jumat, 16 Oktober 2015

Dari Crusher Plant ke AMP dan Batching Plant

Bekerja di bidang Crusher, Batching Plant dan AMP memang berkutik pada infrastruktur (jalan, jembatan dan konstruksi), tetapi kalo ditelusuri lebih detail bidang ini sangat vital pemanfaatannya. Tetapi orang awam yang sering melihat konstruksi yang sedang dikerjakan, jalan yang dihotmix tidak seluruhnya mau menelusuri sebenarnya awal dari keseluruhan bahan itu didapat dari mana. Tau nya ya jalan diaspal, ada menara tinggi yang sedang dibangun. Udah begitu saja.
Ini adalah alasan saya diawal sehingga berkecimpung didunia ini. Setelah didalami ternyata banyak yang menjadi pelajaran dan ilmu berharga. 


Sedikit penjabaran yang pernah saya ketahui, bahan utama dari ketiga plant ini hanya batu, semen, bitument. Bahan tambahan juga ada seperti zat adiktif, zat ini berfungsi sebagai peningkat kualitas dari produk yang dihasilkan. 

Crushing Plant.
Ukuran batu hasil galian yang masuk ke plant crusher tergantung dari mulut bukaan dari Primary, biasanya paling kecil 20-30cm hingga 200cm. sedangkan hasil atau produk 0-5mm, 5-10mm, 10-20, dst. Tergantung dari ukuran mesh di Vibrating Screen

Asphalt Mixing Plant ( AMP )
Bahan baku diambil dari hasil produksi di Stone Crusher, biasa disebut dengan kata "aggregate". Aggregate dari bahan ini memiliki ukuran sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan hotmix ( biasanya komposisi tersebut dikeluarkan setelah dilakukan pengecekan di lab menggunakan alat khusus ). Selain aggregate ada juga bahan lain untuk menghasilkan hotmix yaitu filler ( semen ), aspal dan zat adiktif, biasanya zat tambahan ini diperlukan sesuai dengan kebutuhan.
Hotmix yang dihasilkan oleh plant ini, biasanya untuk jalan raya. atau perumahan.

Batching Plant
Sama seperti AMP, bahan baku dari Plant ini adalah aggregate, semen dan air ( kadang ditambahi juga dengan zat adiktif jika perlu ). Hasil dari produksi plant ini digunakan untuk konstruksi bangunan, jembatan, dll.

Gambar Crusher : www.gypsum-crusher.com
Gambar AMP : www.cccme.org.cn
Gambar Batching Plant : www.qunfeng-machine.en.made-in-china.com

1 komentar:

  1. PT. Cahaya Jaya Mandiri Spesialis Pabrikasi Batching plant berbagai macam kapasitas dengan kualitas terbaik , segera hubungi kami di www.batchingplant.net Jual batching plant dry mix, wet mix, batchingplant mobile

    BalasHapus