Kamis, 22 Oktober 2015

Great Dryer, Baghouse dan Cyclone

Karakteristik didalam Drum pengering memiliki desain dan sistem sendiri-sendiri sesuai dengan brand masing-masing dan dikombinasi dengan burner masing-masing. Semakin jauh jangkauan api burner, semakin banyak jumlah mangkuk yang dipasang didalam Dryer. 
Dari teori dan fungsi Dryer adalah sebagai pengering, maka aggregate yang disalurkan melalui Dryer hanya akan dikeringkan, bukan dibakar ( api dari Burner tidak boleh kontak langsung dengan aggregate ). Dengan konsep inilah maka didesain burner dan Dryer sesuai dengan fungsi nya.
Beberapa Dryer dikombinasi dengan burner yang tidak sesuai dengan desainnya, alhasil aggregate yang dihasilkan akan mudah retak dan mudah rapuh. Kualitas hotmix juga akan berpengaruh walau tidak dalam waktu singkat. Disamping dapat dilihat bahwa bagian depan terdapat mangkuk-mangkuk sedangkan dibagian belakang hanya didesain sirip-sirip, karena api yang keluar dari burner hanya mencapai bagian mangkuk, sedangkan bagian sirip tidak terjangkau api hanya panas saja. sehingga proses pengeringan aggregate sesuai dengan konsep yang seharusnya.

Baghouse adalah sistem yang mengusung konsep "Go Green", karena polusi yang terjadi hanya mencapai 1%-3%. berbeda sedikit dengan Dust Collector sistem cyclone yang mengurangi polusi hanya maksimum 93%. Bag atau karung menangkap debu ini sangat efisien karena ukuran dust yang ditampung hingga ukuran 0,001 mm. Jika ada instalasi AMP dekat dengan pemukiman, unit ini sangat diperlukan untuk mengurangi polusi yang meresahkan masyarakat. 


 
Coba bandingkan dengan gambar dibawah yang sama-sama berfungsi sebagai dust collector. Debu yang mampu ditangkap oleh sistem cyclone hingga ukuran 0,05mm saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar